Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Kamis, 23 Desember 2010

Menu Diet


Menu Diet Rendah Kalori: Kukus Ikan dan Kepiting Bungkus Sayur

Ikan adalah salah satu dari jenis makanan yang rendah kalori. Demikian juga dengan daging kepiting. Alasan orang memilih ikan sebagai menu diet adalah karena kandungan protein yang tinggi pada ikan yang berguna untuk diet seimbang. Tentu saja, cara memasak memegang peranan yang penting bila tujuan berdiet adalah  untuk menurunkan berat badan. Hindarilah memasak ikan dengan menggoreng ikan dalam minyak yang banyak (deep-fried). Salah satu cara terbaik memasak bagi yang ingin menurunkan berat badannya adalah dengan mengukus.
Sawi putih adalah sayuran kaya serat dengan kadar air yang tinggi dan mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker. Karena kaya serat, sawi putih dapat melancarkan membuang air besar dan menghambat pertumbuhan tumor. Sawi putih merupakan pilihan makanan yang baik untuk berdiet karena kalori-nya yang rendah (25 kkal per 100 gr) dan juga karena mengandung banyak vitamin dan mineral (potasium, kalsium, mangan, zat besi, seng, fostor, boron, nitrat, betakaroten, vitamin C, E, K, B1, B2, B6,  asam folat dan nicotinamide).
Wortel juga mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah (30 kkal per 100 g) sehingga cocok buat berdiet. Kandungan zat antioksidan wortel tergolong tinggi sehingga wortel baik untuk mencegah kanker. Kandungan serat yang tinggi memberikan manfaat melancarkan buang air besar. Banyaknya vitamin dan mineral dalam wortel membuat umbi sayur ini memberikan manfaat untuk kesehatan mata, kulit, dan tulang. Kandungan gizi yang menonjol dari umbi wortel adalah natrium, potasium, kalsium, mangan, zat besi, tembaga, seng, aluminium, fosfor, klorida, boron, bromide, dan nitrat. Kandungan vitaminnya yang berguna bagi tubuh kita adalah betakaroten, alphakaroten, vitamin E, B1, B2, B6, C, nicotinamide, asam pantotenat, dan asam folat. Diantara golongan sayur, wortel mempunyai kandungan asam amino (protein) yang cukup tinggi.
Kacang Polong mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk melancarkan buang air besar. Kacang polong juga mempunyai manfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Mengukus adalah satu jenis cara memasak yang mematangkan bahan makanan dengan uap. Diperlukan peralatan khusus seperti dandang, atau steamer yang terdiri dari 2 susun panci, dimana bagian bawah berisi air dan bahan makanan ditaruh di panci yang dasarnya berlobang-lobang. Mengukus dapat mempertahankan rasa, warna, dan kandungan gizi dalam makanan yang dimasak (vitamin) tidak hilang karena larut dalam air. Mengukus adalah metode memasak terbaik untuk ikan.

Tidak ada komentar: